Kamis, 07 Februari 2013

Tips Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop


Tips Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop


Merawat Dan Membersihkan Laptop http://oh-gitu.blogspot.com/Laptop, Sebuah benda yang bagi beberapa orang merupakan benda yang sangat berharga  termasuk saya admin blog Oh-Gitu, penggunaanya yang telah mempermudah dan mewarnai hidup kita harus diiringi dengan perawatan. Jangan sampai laptop agan-agan terus diperas digunakan maksimal tanpa ada perawatan, tentu pemakaian laptopnya tidak akan bertahan lama. Karena kalau sudah rusak pasti membutuhkan biaya yang tidak kecil untuk memperbaiki benda elektronik yang satu ini. Kecuali kalau agan orang kaya yang mungkin tidak tau cara menggunakan uang yang baik dan benar. :D

Dalam tips merawat laptop ini, akan dipaparkan bagaimana membersihkan setiap bagian laptop dengan menggunakan alat khusus. Agan juga akan diberitahu cara merawat casing laptop agar tidak mudah kusam dan tergores. Hindari setiap larangan yang ada, sehingga laptop anda akan lebih terhindar dari kerusakan dini. Perlakukan yang baik terhadap notebook akan sangat menunjang kegiatan anda selanjutnya yang saat ini sangat bergantung dari alat canggih tersebut.Baiklah langsung saja berikuttips untuk merawat dan membersihkan laptop.

1. Cara Menggunakan Laptop
  • Usahakan untuk menggunakan alat pendingin yang biasanya diletakkan dibawah laptop. Namun ingat juga jangan gunakan sembarang pendingin yang hanya mengeluarkan angin meniup laptop agan, tapi bisa gunakan pendingin lain yang lebih canggih lagi dengan membuang anginnya keluar laptop, bukan meniup laptopnya.
  • Jika Menggunakan Laptop dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya agan melepas baterai laptopnya. NAMUN PENTING DIKETAHUI! Sebaiknya gunakan stabilizer jika agan melepas baterainya agar komponen dalamnya stabil apabila terjadi arus yang tidak stabil.
  • Hindari pula memakai laptop diatas tempat tidur atau sofa yang bisa membuat sirkulasi panas menjadi tersumbat. Panas yang berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop.
2. Cara Membersihkan Keyboard
Merawat Dan Membersihkan LaptopNah Agan, Ada beberapa penyebab keyboard menjadi kotor, seperti debu disekitar, tangan pengguna yang kotor atau berminyak, abu rokok dan lain-lain. solusinya,  bersihkanlah dengan menggunakan kuas yang lembut untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada sela-sela gusi keyboard. 

Solusi untuk mengatasi agar tidak mudah kotor Agan bisa juga memakai pelindung keyboard agar menghindari kotoran yang berlebihan.


3. Cara Merawat Monitor/LCD
Merawat Dan Membersihkan Laptop http://oh-gitu.blogspot.com/
Sebaiknya berhatilah sama hardware yang satu ini, karena selain mahal dia benda ini juga sangat beresiko. Karena itu, ambil pembersih kaca yang baik, lalu semprotkan ke kain lembut dan halus. Bersihkan secara searah dari atas kebawah atau dari kanan kekiri. Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke monitor karena akan menyebabkan monitor menjadi cepat kusam. Dalam membersihkan monitor, jangan menekan terlalu keras. Untuk LCD dapat menggunakan cairan khusus pembersih LCD yang dapat dijumpai ditoko-toko.

4. Cara Merawat Casing Luar Laptop
Tangan yang kotor dan berminyak bisa membuat case notebook tak sekinclong ketika kita membelinya dulu. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan deterjen tanpa zat alkalin yang dicampur dengan air. Atau kalau ga mau repot pakai aja pembersih multiguna yang biasa digunakan peranti elektronik. Dan biasanya isinya berupa busa. Semprotkan ke kain lap lembut, kemudian gosok secara perlahan permukaan case.

5. Cara Menyimpan Laptop
Jika laptop anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya lepas saja baterainya dan simpan dalam ruangan yang sejuk. NAMUN INGAT! Sebaiknya gunakan stabilizer jika agan melepas baterainya agar komponen dalamnya stabil. Jangan menyimpan laptop yang berdekatan dengan magnet seperti speaker atau HP karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada hard disk.

Satu hal lagi yang penting yaitu jangan menaruh laptop dibawah terik matahari, baik saat menggunakan atau saat meletakkan karena hal tersebut bisa berakibat rusaknya komponen yang ada didalam laptop anda.

Saya rasa untuk tips untuk merawat dan membersihkan laptopnya sudah lumayan dan cukup. Nah, jika agan udah tau tipsnya yuk kita praktikkan pada gadget kita masing-masing supaya bisa awet dan selalu bisa menemani kita saat dibutuhkan (loo). Semoga bisa tips diatas bermanfaat bagi kita semua ya. Terutama bagi yang membutuhkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar