Selasa, 05 Februari 2013

Etimologi Multimedia...??

Istilah MULTIMEDIA pertama kali dikenal pada dunia Theater, yang mempertunjukkan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang, MULTIMEDIA dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara Audiovisual. Umumnya, orang mengenal Multimedia sebagai sistem dari Computer Personal ( PC ) yang berkembang pesat dewasa ini.

Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa Ahli yang dipaparkan sebagai berikut :
  • Menurut Munter (1982) , Menuliskan bahwa alat bantu media dapat memberikan sumbangan yang sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuan mengingat lebih lama dibandingkan dengan kata-kata. Munter menjelaskan bahwa orang paling banyak belajar dan menyimpan memori melalui observasi (penelitian) minimal 85%, sedangkan data yang dikumpulkan dan yang disimpan berasal dari penglihatan dan suara bisa melebihi batas normal.
  • Menurut reset Computer Technology Research ( CTR ) , Orang mampu mengingat 20% dari apa yang mereka lihat, mampu mengingat 30% dari apa yang mereka dengar, mampu mengingat 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar dan mampu mengingat 70% dari apa yang mereka dengar, lihat dan lakukan.
Satu alasan penting bahwa alat bantu Multimedia yang relavan dan dipilih dengan baik adalah "menari perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang dengan bagan, bentuk unik suatu objek dan getaran bunyi yang khusus, dan akhirnya semua akan membantu mendapatkan perhatian".

Multimedia secara umum dapat berfungsi sebagai :
  • Multimedia sangat membantu dalam kegiatan belajar, dimana belajar mengajar merupakan hal yang patut diperhatikan dalam meningkankan Sumber Daya Masyarakat ( SDM ) .
  • Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya dimana saja dengan praktis tanpa harus bekerja di kantor.
  • Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan Internet dan pembayaran Via Online, kemudian barang datang dengan sendirinya.
  • Mengubah cara berbisnis. Seperti layaknya homeshopping, sekarang banyak perusahaan atau perseorangan yang menjual barangnya secara online ( jual-beli online ) didukung dengan perbank-an menggunakan care online-banking.
1.1 Kategori Multimedia

Multimedia dapat didefinisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication dengan definisi sebagai berikut :
  1. Multimedia Content Production, Multimedia adalah penggunaan dab pemprosesan beberapa media ( text, audio, graphics, animation, video dan interactivity ) yang berbeda untuk menyampaikan informasi / menghasilkan produk multimedia ( music, video, film, game, entertainment, dll )
  2. Multimedia Communication, Multimedia adalah menggunakan media ( massa ), seperti televisi, radio, media cetak, dan internet untuk mempublikasikan, menyiarkan, mengkomunikasikan material Adversiting Publicity, Entertainment, news dan education. Dengan kategori ini media yang digunakan adalah, Televisi, Radio, Film, Cetak, Music, Game, Entertainment dan Tutorial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar