Kamis, 07 Februari 2013

Pemanfaatan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran


Pemanfaatan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran

Beberapa bentuk pemanfaatan multi media berbasis komputer yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, meliputi :

a. Multimedia Presentasi
Multimedia Presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis digunakan dalam pembelajaran klasikal, baik untuk kelompok kecil maupun besar. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector (LCD/Viewer) yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
Pemanfaatan multimedia dalam presentasi ini biasanya menggunakan perangkat lunak yang paling tersohor , yakni PowerPoint yang dikembangkan oleh Microsoft inc.

b. Program multimedia interaktif
Untuk beberapa hal media pembelajaran dapat menggantikan fungsi guru terutama sebagai sumber belajar. Salah satu media yang dapat menjalankan fungsi demikian tersebut adalah program multimedia interaktif.
Multimedia interaktif dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan multimedia interaktif cocok untuk mengajarkan suatu proses atau tahapan, misalnya penyerbukan pada tumbuhan, pembelahan sel, proses pertumbuhan janin manusia, ilmu waris, pelaksanaan haji, dan lain sebagainya.

            c. Sarana simulasi

d. Video pembelajaran
Pemanfaatan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran, selain dapat digunakan untuk multimedia presentasi dengan CD dengan multimedia interaktif, ia juga dapat dimanfaatkan untuk memutar video pembelajaran. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Peserta didik dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan yang diajarkan dalam video.

Oemar Hamalik, Media pendidikan, (Bandung: PT.Citra Aditya Bakti,1994), h.187
Azhar Arsyad, Media pengajaran, (Jakarta: Rajawali Pers,1995), h.169
www. fadacute.wordpress.com/2010/01/04/multimedia-pembelajaran-dan-aplikasinya

1 komentar:

  1. dengan komputer dan multimedia memang pembelajaran akan semakin efektif dan menyenangkan. semoga para pengajar semakin kreatif dalam memanfaatkan hal tersebut

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus